Bupati Mandi Safar akan Dijadikan Agenda Tahunan

CahayaTotabuan, Bolsel- Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow selatan menghadiri acara Mandi Safar (Lihu Lo Lilu) yang dilaksanakan di Desa Nunuka Kecamatan Tomini, Rabu 23/10/2019.

Mandi Safar yang digelar di Desa Nunuka diikuti oleh ribuan masyarakat yang ada di Kab. Bolsel

Dalam Sambutannya Iskandar menyampaikan “ ini salah satu ritual budaya tahunan yang ada di Kabupaten Bolsel yaitu mandi Safar.

“Mandi Safar adalah budaya lokal yang nuansanya religi. Hari ini kita semua berdoa, semoga segala kesialan, keburukan, kejahatan kurun waktu satu tahun yang ada di diri kita masing – masing, akan di angkat dan di jauhkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala,” ungkap Bupati.

“Mandi Safar juga bertujuan untuk menjauhkan segala marah bahaya dan bencana sepanjang setahun kedepan. “Kita doakan tidak ada bencana yang akan menimpa masyarakat yang ada di Bolsel. Juga kerukunan, kekeluargaan dan kebersamaan akan selalu terjaga bagi kita semua,” harap Bupati.

“Ritual budaya tahunan mandi Safar akan dijadikan agenda tahunan dan akan dianggarkan lewat APBD, dan akan terus dilestarikan dan dijadikan agenda tahunan.  Kedepan akan digilir di setiap desa,” mengakhiri sambutannya.

Turut hadir bersama-sama Bupati, Forkopimda, Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) dan masyarakat yang berada di Kecamatan Tomini. (D-P1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *