Polres Kotamobagu Tertibkan PETI Bakan

CahayaTotabuan, Kotamobagu- Lokasi pertambangan yang terletak di Desa Bakan (Blok Bakan) hari ini kembali ditertibkan oleh pihak Kepolisian Kota Kotamobagu.

Aparat Kepolisian Kota Kotamobagu yang dipimpin oleh Kapolres Kota Kotamobagu AKBP. Gani Fernando Siahaan, SIK,SH,MH, Pantauan awak media langsung terjun ke lokasi pertambangan yang terletak di Desa Bakan.

Saat aparat kepolisian terjun kelokasi pertambangan, tidak dapat ditemui satu penambangpun yang berada dilokasi tambang Blok Bakan, padahal lokasi ini sering didatangi oleh ratusan penambang yang berasal dari Desa Bakan maupun penambang dari luar Desa Bakan.

Diwawancarai oleh awak media Kapolres Kota Kotamobagu AKPB. Gani Fernando Siahaan, SIK,SH,MH, mengatakan “ bahwa Polres Kota Kotamobagu melakukan penertiban, karena ada surat aduan dari salah satu LSM yang sampai ke Mabes Polri dan akhirnya ditindak lanjuti bersama-sama pihak Polda SULUT dan Polres Kota Kotamobagu”.

Lanjutnya, “prinsipnya kami selalu menghimbau terus kepada warga supaya tidak melakukan penambangan ilegal, kami juga telah menyampaikan kepada Pemerintah daerah supaya dicari solusi terhadap pertambangan Emas tanpa Ijin (PETI)”.

“Karena tidak bisa dipungkiri bahwa diwilayah Bolaang Mongondow Raya ini banyak Peti dan hampir disetiap Kecamatan peti itu ada, tetapi kita juga mencegah jangan sampai terjadi korban yang lebih banyak lagi”, ungkap Siahaan.

“Wilayah Bakan ini struktur tanahnya sudah tidak stabil, karena sudah beberapa kali terjadi longsor dan jangan sampai memakan korban lebih banyak lagi. Intinya Pemerintah daerah harus secepatnya mencari solusi untuk warga penambang, karena warga masyarakat masih banyak mengantung hidupnya sebagai penambang emas”, jelas Kapolres.

Penertipan ini selain pihak Kepolisian Kota Kotamobagu, pihak TNI juga ikut serta dalam penertipan yang dilaksanakan di Blok Bakan hari ini. (D-P1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *