Selasa, 19 Oktober 2021

Dukung Putra Putri Bolsel, Bupati Perlu adanya Kerjasama Dengan UNG

CahayaTotabuan, Bolsel- Bupati Bolaang Mongondow Selatan Iskandar Kamaru, S.Pt di dampingi asisten II, dan beberapa pimpinan OPD, melakukan penanda tanganan Kerja sama MOU di bidang pendidikan bersama Universitas Negeri Gorontalo (UNG) siang tadi bertempat di ruangan pertemuan kantor rektorat UNG, Senin 28/01/2019.

Penanda tanganan langsung oleh rektor Universitas Gorontalo (UNG) Prof. DR. Syamsu Qamar Baru,M.Pd didampingi  beberapa pembantu rector dan dekan.

Dalam sambutan rektor UNG menyampaikan “terimah kasih atas keinginan Pemda Bolsel dalam memilih UNG dalam bekerja sama. Kami siap membackup baik pendidikan,penelitian bahkan tenaga ahli. Tahun ini kami barusan membuka fakultas kedokteran,kami persilahkan mahasiswa Bolsel mau masuk sampai 5 orang, ungkap Syamsu.

“Kami juga, sebelumnya sudah pernah melakukan kerjasama dgn beberapa Pemda yg ada di Provinsi gorontalo maupun luar,” tutur Syamsu Qamar Baru,M.Pd.

Oleh karena itu kita sangat senang dgn kerja sama ini, karena dunia pendidikan,maupun industri hanya bisa maju dengan kerja sama.
Untuk implementasi dari kerja sama ini, kita sendiri sangat siap dengan pengajaran,jadi kita bisa kerja sama,baik ASN yg akan lanjut sekolah maupun anak2 Bolsel, jelasnya.

Hal lain juga disampaikan oleh rektor pihak UNG bisa menyiapkan tenaga ahli untuk berbagai bidang,kita punya banyak tenaga ahli di bidangnya bisa jadi pengajar,maupun di penyelenggaraan pemerintahan. Artinya dgn kerja sama ,maka akan sangat  mudah,apalagi tenaga ahli dari UNG yg saat ini banyak.

Pihak Pemda bisa undang  pihak kampus sebagai tenaga ahli, kerja sama ini kita lakukan untuk kemajuan daerah bersama.

Sementara bupati dalam sambutan menyampaikan terimah kasih dan apresiasi kepada Rektor yg telah mau bekerja sama. beberapa alasan di kemukakan oleh bupati yaitu “bahwa masyarakat Bolsel orientasinya lanjutan studinya  di gorontalo,karena lebih dekat,dan secara emosional punya kaitan.

Masyarkat Bolsel enam puluh persen lebih adalah suku gorontalo,sehingga mereka lebih banyak memilih ke gorontalo,di Manado dan Kotamobagu juga ada mahasiswa Bolsel,tapi agak kurang. Di gorontalo,sebagai bentuk dukungan Pemda terhadap putra putri Bolsel,kami telah membangun asrama putri dan putra,oleh karena itu kami melihat perlu ada kerja sama, ungkap Bupati.

Kami mengakui bahwa saat ini Gorontalo sudah menjadi kota pelajar. Dengan UNG yg telah menjadi iconnya, bupati juga menyampaikan untuk fakultas kedokteran yg telah dibuka di UNG,ini sangat baik, kalau bisa jika ada peluang anak Bolsel,dan punya prestasi jgn cuman 5 yang bisa diterimah di kedokteran,tapi lebih juga akan lebih bagus.

Iskandar juga menyampaikan,untuk mahasiswa kuliah kerja kreatif atau KKN Bolsel sangat terbuka kedatangan mahasiswa dari UNG,tutupnya.

Pertemuan juga di isi dengan diskusi tanya jawab dari para dosen dengan bupati, di dalam upaya peningkatan kualitas SDM, untuk kerja sama tenaga ahli juga kami akan melakukan kerja sama sesuai dengan kebutuhan. Setiap tahun kami juga memberikan beasiswa kepada putra putri terbaik berprestasi,dan maupun org siswa miskin, terang Bupati.

Setelah melakukan penandatangan MOU dengan UNG, Pemda Bolsel juga melanjutkan kerjasama dengan kampus swasta Bina Taruna yang berada dalam naungan yayasan Bina Mandiri Gorontalo. (D-P1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *