Ketua KPUD Kotamobagu Buka Bimtek Tata Cara Verfak

CahayaTotabuan, Kotamobagu- Pelaksanan Bimtek terkait dengan Tata cara Verifikasi Faktual yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotamobagu di pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun 2018, Sabtu 09/12/2017.

Pelaksanaan Bimtek yang digelar diaula Kantor Sekretariat KPUD Kotamobagu, dihadiri oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa/Kelurahan se- Kota Kotamobagu.

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Ketua KPUD Kotamobagu Nova Tamon dan didampingi oleh Komisioner Aditya L. Tegela yang membidangi devisi Bidang Tekhnis penyelenggaran.

Disaat Sambutan dalam pembukaan Bimtek Ketua KPUD Kotamobagu Nova Tamon menegaskan “ Bimtek ini sangat penting untuk dihadiri dan dipelajari dengan baik oleh para PPK dan PPS, jika ada para anggota PPK dan PPS yang tidak hadir dan mengabaikan Bimtek ini, supaya dapat mengajukan pengunduran dirinya,” Jelas Nova.

Lanjutnya, “Bimtek ini sangat penting untuk dipahami oleh PPK dan PPS, karena Bimtek ini bertujuan untuk lebih memahami tata cara Verifikasi Faktual data administrasi Paslon Perseorangan untuk di Faktualisasi dilapangan dengan benar dan sesuai Peraturan Pemilu maupun PKPU yang ada.”

Sementara Komisioner lainnya Aditya L. Tegela menyampaikan Tata Cara Verifikasi Faktual untuk berkas Paslon Independen ini diatur pada PKPU Nomor 15 tahun 2017 atas perubahan PKPU Nomor 3 tahun 2017. “Cara Verifikasi Faktual ini sudah diatur dalam dua peraturan tersebut, jadi untuk verifikasi dilapangan, para anggota PPS harus tetap mengacu pada peraturan tersebut, jika sudah melenceng, maka konsekuensi hukum dari peraturan tersebut akan ditanggung oleh penyelenggara tersebut.” (Songkor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *