Disbudpar Kotamobagu Sosialisasi Pembentukan Desa Wisata

CahayaTotabuan, Kotamobagu- Pemerintah Kotamobagu melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (DISBUDPAR) Kotamobagu mengelar sosialisasi pembentukan Desa Wisata bertempat dibalai pertemuan umum (BPU) Desa Kobo Kecil Kecamatan Kotamobagu Timur, Senin 09/10/2017.

Kepala Dinas Disbudpar Agung Adati, anggota DPRD Kota Kotamobagu, dan ratusan masyarakat Desa Kobo kecil hadir dalam sosialisasi tersebut.

desa-wisata-2

Terpantau oleh awak media Kadis Disbudpar memberikan sosialisasi terhadap pemerintah Desa kobo kecil dan masyarakat, Adati menjelaskan konsep pengembangan pariwisata melalui pembentukan desa wisata berbasis pemberdayaan masyarakat (community based tourism). Konsep ini melibatkan peran serta masyarakat dalam proses perencanaan hingga pengelolaan desa wisata.

desa-wisata-3

“Alhamdulillah, masyarakat merespon baik konsep Desa wisata ini. Harapab saya dalam waktu dekat segera dibentuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan kelompok sanggar seni untuk mendukung program Desa wisata. Kelompok ini menjadi bagian penting dalam mensukseskan sapta pesona yang menjadi syarat penting bagi masyarakat untuk mengelola desa wisata,” terang Adati.

Rencana menjadikan Kobo Kecil sebagai desa wisata didukung pemerintah dan masyarakat. Kepala Desa Kobo Kecil, Refli Ginintu mengatakan, hasil musyawarah di tingkat desa telah disepakati untuk pembebasan lahan di lokasi destinasi air terjun dengan anggaran bersumber dari alokasi dana desa (ADD).

desa-wisata-4

“Ada tiga lokasi yang akan di bebaskan. Yaitu lokasi resting area, lokasi parkir dan lahan di sekitar destinasi air terjun. Selain itu akhir tahun ini akan dilakukan renovasi jembatan gantung yang menjadi akses menuju lokasi air terjun. Ini langkah awal kami sebagai dukungan atas rencana Disbudpar menjadikan Kobo Kecil sebagai desa  wisata,” ujar Refli. (songkor)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *