Walikota Kotamobagu saat membuka dialog kebudayaan
Walikota Kotamobagu saat membuka dialog kebudayaan

Buka Dialog Kebudayaan, Walikota Katakan Gelar Adat Akan Diperdakan

CahayaaTotabuan.com,Kotamobagu- Bertempat di restoran lembah bening Walikota Kotamobagu Ir. Hj. Tatong Bara membuka secara resmi dialog kebudayaan yag digagas oleh Dinas Perhubungan Kebudayaan Pariwisata Komunikasi dan Informasi (DISHUBBUDPARKOMINFO) Kotamobagu Rabu. 21/12/2016.

Hadir dalam kegiatan dialog ini, Drs.Mustafa Limbalo, Hairun Mokoginta, SE, serta Imah Hamzah sebagai narasumber. Sementara untuk Moderator dipercayakan pada Drs Sofyanto Mamonto, Hj.Lilik Rusni Potabuga dengan peserta para Lurah/Kepala Desa se-Kotamobagu, Lembaga Adat Kelurahan/Desa, para perias pakaian pengantin adat Mongondow yang total peserta 200 orang.

Dialog kebudayaan ini dengan tema “Inventarisasi Budaya dan Standarisasi Pakaian Pengantin Dalam Perspektif Adat Mongondow” dalam sambutannya Walikota Kotamobagu bahwa peran adat istiadat ini sangat penting untuk di berdayakan, dimasing-masing Desa/Kelurahan, mengingat penting peran serta adat dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat. Ujar Tatong.

Selanjutnya  pelaksanaan ini penting dilaksanakan untuk menggali pentingnya  peran adat dan budaya agar tidak terpecah belah oleh pemahaman yang berbeda-beda tentang pemanfaatan adat didaerah kita sendiri, apalagi diera yang modernisasi. kata Walikota Tatong.

Sementara itu, Sekretaris Dishubbudparkominfo Kotamobagu, Hendra Makalalag mengatakan, tujuan lainnya untuk mensukseskan visi misi Pemkot, memberikan masukan bagi pemkot dalam melaksanakan pelestarian dan pengembangan Kebudayaan diKotamobagu serta forum tukar menukar informasi dalam rangka mewujudkan satu kesatuan cara pandang dalam mengembangkan nilai – nilai budaya Mongondow diKotamobagu,

Peliput : Songkor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *