Pilsang 65 Desa di Boltim Tetap Berjalan Sesuai Jadwal

Pilsang 65 Desa di Boltim Tetap Berjalan Sesuai Jadwal

CahayaTotabuan.com, BoltimPemilihan Sangadi Serentak di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur tetap berjalan sesuai mekanisme dan jadwal yang telah ditentukan oleh panitia pemilihan, dan menyangkut persoalan gugatan dari salah satu calon Sangadi ke PTUN tidak menjadi penghalang untuk jalannya proses pilsang 7 november nanti.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) Pemkab Boltim Sunarto Paputungan saat bersua dengan awak media LiputanBMR.com, selasa (1/11) di ruang kerjanya mengatakan, “persoalan gugatan dari pasangan calon sangadi yang pada tes kemarin tidak lolos dalam seleksi dan langsung melayangkan gugatan kepada panitia seleksi, intinya hal ini tidak akan menghentikan proses pilsang.

“Panitia dalam hal ini sudah melakukan seleksi sesuai prosedur dan aturan serta syarat yang harus dipenuhi oleh calon sangadi yakni syarat yang ada telah di atur dalam Peraturan Daerah (Perda) NO IV tahun 2015 dan Peraturan Gubernur (Pergub) di antaranya usia minimal 25 tahun, dan peserta minimal harus berijazah sekolah menengah pertama (SMP),” terang Sunarto.

“Saat ini untuk melancarkan jalannya roda pemerintahan dari 65 desa yang masih menunggu proses hasil pemilihan sangadi definitif, masih dijalankan oleh (Pjs) yang dari latar belakang (ASN), sementara itu juga megawasi dandes yang akan dimanfaatkan oleh Pemerintah Desa di Boltim yang berjumlah Rp. 50,23 miliar, untuk alokasi dana desa (DD) Rp. 25 miliar untuk membangun desa,” Jelas Kabag Tapem.

Sunarto menambahkan, untuk tahun 2017 medatang aparat desa minimal harus berpendidikan SMA/SMU sederajat. hal ini berdasarkan pasal 50 ayat (1) UU Republik Indonesia nomor 6 tahun 2014 tentang desa menyebutkan, perangkat desa harus berpendidikan paling rendah tamatan sekolah menengah umum atau sederajat,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *